Bahan Pangan

Teh

type tea

Camellia sinensis merupakan spesies dari tanaman teh. Bagian yang digunakan dari tanaman teh adalah daun dan pucuk daunnya.

Klasifikasi Teh

Kingdom              : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom       : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi         : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi                      : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas                     : Magnoliopsida (Dikotil)

Sub Kelas             : Dilleniidae

Ordo                      : Theales

Famili                    : Theaceae

Genus                   : Camellia

Spesies                 : Camelia sinensis

Jenis Teh

Jenis teh yang beredar saat ini berasal dari spesies tanaman yang sama namun, berbeda pengolahannya. Berdasarkan pengolahannya jenis teh dibagi menjadi empat, yaitu teh putih, teh hijau, teh oolong, dan teh hitam.

proses teh

Teh Putih

Teh putih atau white tea merupakan teh dengan proses pengolahan paling sederhana, yaitu pelayuan dan pengeringan. Bahan  baku yang digunakan untuk proses pembuatan teh putih berasal dari pucuk dan dua daun di bawahnya. Proses pelayuan dapat dilakukan dengan memanfaatkan panas dari sinar matahari dan proses ini akan mengurangi kadar air daun teh hingga 12%. Kemudian, daun teh yang sudah layu akan mengalami proses pengeringan menggunakan mesin pengering. Pucuk teh kemudian akan menjadi jenis mutu silver needle sedangkan dua daun di bawahnya akan menjadi white poeny. Teh putih merupakan jenis teh dengan kadar antioksidan yang paling tinggi dibandingkan jenis teh lainnya.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh dengan proses tanpa fermentasi seperti teh putih namun, pada pengolaha teh hijau setelah dilakukan proses pelayuan dilakukan proses penggulungan daun teh yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses pengeringan hingga kadar air daun teh yang diinginkan. Prinsip dasar pengolahan teh hijau adalah inaktivasi enzim polifenol oksidase untuk mencegah reaksi oksidasi polifenol menjadi teaflavin dan tearubigin (senyawa oksidasi). Teh hijau umumnya dibedakan menjadi teh hijau China (Panning Type) dan teh hijau Jepang (Steaming Type). Perbedaan dari dua teh tersebut adalah cara menginaktivasi enzim polifenol oksidase. Teh hijau China menginaktivasi enzim tersebut dengan menggunakan mesin rotary panner pada proses pelayuan sedangkan teh hijau Jepang menggunakan steamer.

Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh yang mengalami proses semi fermentasi. Proses semi fermentasi terjadi pada proses penggulungan. Pada teh oolong, daun teh digulung halus setelah proses pelayuan. Tujuan proses penggulungan halus (semi fermentasi) adalah untuk mengoksidasi sebagian polifenol yang terdapat pada daun teh. Hal tersebut menyebabkan kandungan polifenol pada daun teh berkurang sehingga kadar antioksidan pada teh oolong lebih sedikit jika dibandingkan dengan teh putih maupun teh hijau.

Teh Hitam

Teh hitam merupakan teh yang proses pengolahannya paling rumit dan paling banyak diproduksi dibandingkan pengolahan teh lainnya (di Indonesia teh hitam diproduksi sebanyak 78%, teh hijau 20%, teh oolong dan teh putih 2%).  Teh hitam dibedakan menjadi dua, yaitu teh hitam orthodoks dan crushing-tearing-curling (CTC). Proses pengolahan teh hitam orthodoks yaitu daun teh dilayukan selama 14-18 jam kemudian daun teh digulung dan difermentasi selama 1 jam setelah itu dikeringkan. Kemudian, pada proses teh CTC  dimulai dengan pelayuan selama 8-11 jam kemudian digiling dan dikeringkan. Tujuan penggilingan pada proses teh hitam CTC adalah untuk mengeluarkan cairan semaksimal mungkin dari daun teh sedangkan tujuan proses pengeringan adalah untuk menghentikan proses fermentasi dan menurunkan kadar air.

Komponen Bioaktif Teh

Berikut adalah kandungan komponen bioaktif yang terdapat di dalam teh putih, teh hijau, teh oolong, dan teh hitam.

bioaktif

Referensi

Plantamor. (2012). Informasi Species: Camellia Sinensis. Diambil dari http://www.plantamor.com/index.php?plant=256 [Diakses pada tanggal 29 April 2016].

Rohdiana, D. (2015). Teh : Proses, Karakteristik & Komponen Fungsionalnya. Food Review Indonesia, X(8).

Advertisements

One thought on “Teh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s