Bahan Pangan

Talas

Talas (Colocasia esculenta) merupakan tanaman yang berasal dari Cina, India, Malaysia, dan Indonesia. Tanaman talas tumbuh baik pada dataran dengan ketinggian 0-2740 m dpl., pada kondisi suhu 21°C-27°C dengan kelembapan 50%-90% yang memiliki curah hujan 1750 mm/tahun. Lahan yang cocok untuk menanam tanaman talas adalah lahan dengan tanah berpasir yang subur, gembur, dan banyak mengandung humus dengan Ph 5,5-6,0. Bagian talas yang dipanen atau yang dikonsumsi adalah umbinya dengan umur panen 6-18 bulan yang ditandai dengan bagian daun yang mengalami perubahan warna menjadi kuning serta mengering

Taksonomi Talas

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Spermatophyta

Subdivisi         : Angiospermae

Kelas               :  Monocotyledonae

Ordo                :  Arales

Famili              : Araceae

Genus              : Colocasia

Spesies            : Colocasia esculenta

Varietas Talas

Beberapa jenis talas yang dibudidayakan di daerah Bogor, yaitu talas pandan, talas lampung, talas sutera, talas ketan, talas bentul, dan talas pandan sedangkan talas yang dibudidayakan di daerah Kalimantan adalah varietas talas belitung. Berikut adalah ciri- ciri beberapa varietas talas di daerah Bogor:

varietas talas

Produktivitas tanaman talas bentul tergolong tinggi yaitu mencapai 30 ton/hektar dengan umbi berwarna putih yang memiliki rasa yang enak dan pulen menjadikan varietas talas bentul yang umum ditanam di daerah Bogor. Umbi talas yang telah dipanen tergolong mudah rusak sehingga penyimpanan umbi talas sebelum diolah perlu diperhatikan. Penyimpanan umbi talas sebaiknya disimpan pada kondisi kering dan menjaga umbi dari kerusakan mekanis (seperti benturan, dsb) serta pada suhu rendah. Jika umbi talas disimpan pada suhu 7°C maka umur simpannya adalah 3,5 bulan.

Asam Oksalat dan Kalsium Oksalat

Talas mengandung asam oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan asam oksalat pada talas akan berikatan dengan kalsium yang tidak larut di dalam air. Berdasarkan hal tersebut, umbi talas yang akan dikonsumsi sebaiknya telah dikurangi kandungan asam oksalat di dalamnya. Asam oksalat larut di dalam air sehingga terdapat beberapa cara untuk mengurangi kadar asam oksalat di dalam umbi talas adalah dilakukan pencucian dan perendaman, perebusan, perkecambahan, maupun fermentasi. Selain asam oksalat, talas juga mengandung kristal kalsium oksalat dalam kadar tinggi yaitu sebesar 120.000/cm. Kristal kalsium oksalat inilah yang menyebabkan rasa gatal pada talas. Kristal kalsium oksalat dapat berkurang karena pemanasan dengan cara dimasak atau direndam dalam air panas.

Kandungan Gizi Talas

Talas memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Pati dalam umbi talas tergolong mudah dicerna karena ukuran granula pati yang kecil serta mengandung amilosa cukup banyak yaitu sekitar 20-25%. Selain itu, umbi talas tidak mengandung gluten sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki alergi gluten. Berikut kandungan gizi pada talas mentah dan talas yang telah dikukus:

Komponen Satuan Talas mentah Talas kukus
Energi kal 98 120
Protein g 1,9 1,5
Lemak g 0,2 0,3
Karbohidrat g 23,7 28,2
Kalsium mg 28 31
Fosfor mg 61 63
Besi mg 1 0,7
Vitamin A RE 3 0
Vitamin C mg 4 2
Vitamin B1 mg 0,13 0,05
Air g 73 69,2
Bahan yang dapat dimakan % 85 85

Referensi

Darkwa, S., & Darkwa, A. (2013). TARO “Colocasia esculenta“: It’s Utillization in Food     Products in Ghana. Food Processing & Technology Vol.4 Issue 5.

Direktorat Gizi. (1979). Kandungan Gizi Talas. Indonesia: Departemen Kesehatan RI.

Koswara, S. (2013). Teknologi Pengolahan Umbi-Umbian. Bogor: Southeast Asian Food And Agricultural Science And Technology (SEAFAST).

Rahman, A. (2001). Preferensi konsumen terhadap produk keripik talas (Colocasia esculenta) yang berbentuk chips. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rukmana, R. (2001). Aneka Keripik Umbi. Yogyakarta: Kanisius Media.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s