Catatan

Cara Mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) Di Dalam Suatu Perusahaan

​Dalam mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam suatu perusahaan terdapat beberapa tahapan, yaitu job analysis, job qualification, job requirement, job performance, dan job statification.

1. Job Analysis

Job Analysis umumnya dilakukan oleh perusahaan yang baru mau didirikan atau expand. Job analysis berisi mengenai SDM seperti apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut, memetakan SDM berdasarkan latarbelakang, pendidikan serta pengalaman yang dimiliki. Berdasarkan job analysis yang telah dibuat nantinya perusahaan tersebut dapat mengetahui SDM seperti apa yang akan dibutuhkan untuk keberlangsungan perusahaan.

2. Job Qualification

Setelah perusahaan mengetahui SDM/ pekerja yang mereka butuhkan, maka pihak internal perusahaan tersebut dapat menentukan kriteria/ spesifikasi dari pekerja yang dibutuhkan. Job qualification berisi kualifikasi atau kriteria-kriteria pekerja yang diperlukan oleh perusahaan tersebut.

3. Job Requirement

Kemudian, perusahaan dapat menentukan jumlah pekerja yang dibutuhkan disetiap bidang di dalam perusahaan tersebut sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Job Performance

Job performance merupakan penilaian kinerja kerja dari pekerja yang telah direkrut.

5. Job Statification

Job statification merupakan penilaian perbandingan dari job analysis dan job performance. Berdasarkan job statification, pihak perusahaan dapat mengetahui apakah kinerja pekerja yang telah direkrut sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s