Budaya · FYI

Budaya Minum Soju di Korea Selatan

soju

Di Korea Selatan, menikmati atau mengonsumsi minuman beralkohol bersama teman sama pentingnya dengan makan. Kebudayaan minum minuman beralkohol bahkan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Korea Selatan. Minuman beralkohol yang paling sering dijumpai adalah soju.

Soju

Soju merupakan salah satu minuman beralkohol yang di produksi di Korea Selatan. Soju adalah minuman alkohol yang penampakannya jernih yang terbuat dari beras dengan kadar alkohol sebesar 20-45% ABV. Secara umum, kadar alkohol yang terdapat dalam soju komersial adalah ±20% ABV.

soju-2

Soju merupakan arak yang di distilasi. Pada tahun 1300 orang Mongol berperang dengan Korea (dulu Korea belum terbagi menjadi Korea Selatan dan Korea Utara) , orang Mongol mengajarkan cara membuat arak kepada orang Korea di kota Kaesong. Kemudian, menyebar ke kota-kota di tempat para tentara Mongol menetap di Korea, seperti Kaesong, Andong, dan Jeju. Namun, soju pada saat itu masih diproduksi skala kecil.

Pada awalnya, soju merupakan minuman mahal yang hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan tertentu. Namun, setelah cara pembuatannya diketahui oleh masyarakat luas soju menjadi minuman beralkohol yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Di Korea sendiri, pabrik penyulingan soju pertama kali didirikan pada awal tahun 2000 (abad ke-20). Sejak saat itu, produksi soju mulai meningkat dan menyebar di berbagai daerah di Korea.

Berikut adalah file yang berisi jenis soju yang terdapat di Korea Selatan: korean-soju

Mengapa kebudayaan minum minuman beralkohol penting?

Kebudayaan minum minuman beralkohol sangat penting di Korea Selatan karena sebagai tanda saling menghargai (respect). Dalam pekerjaan, kebudayaan minum minuman beralkohol ini menjadi salah satu bagian dalam pekerjaan. Kebudayaan minum minuman beralkohol ini menunjukkan bahwa bawahan menghargai atasan begitu pula sebaliknya. Dalam hal ini, sang bawahan menghargai sang atasan di tunjukan dengan cara menunjukkan etika minum minuman beralkohol yang baik. Jika sang atasan menyukai bawahan tersebut maka, ia akan mengisi gelas bawahan tersebut dengan minuman beralkohol.

korean-drinking

Selain itu, dengan adanya kebudayaan ini menunjukkan saling keterbukaan. Hal ini disebabkan, minum minuman beralkohol dapat menyebabkan mabuk yang dapat membuat Anda membuka sesuatu tentang diri Anda (kepribadian, pemikiran Anda yang sebenarnya, dll). Menurut orang Korea Selatan, seseorang dalam keadaan mabuk akan sulit berbohong atau menyembunyikan kepribadian yang sebenarnya.

Alasan lainnya adalah mengekspresikan kebahagiaan sehingga jika terdapat acara-acara yang membahagiakan, seperti hari pertama kerja, kenaikan pangkat, ulang tahun (untuk yang cukup umur), dsb maka akan diadakan acara minum minuman beralkohol. Selain mengekspresikan kebahagiaan, minum minuman beralkohol juga dapat mengekspresikan kesedihan. Jika seseorang sedang sedih, seperti sanak saudara meninggal, terlilit hutang, stress, dsb maka orang tersebut akan minum minuman beralkohol. Tujuannya agar dapat melupakan segala kesedihan dan beban pikiran. Umumnya orang yang sedang sedih akan minum minuman beralkohol sendirian atau bersama teman dekat.

Bagaimana etika cara minum soju yang baik?

Di Korea Selatan, dalam menuangkan alkohol (baca: soju) terdapat beberapa aturan. Pertama, tidak boleh menuangkan alkohol ke gelas sendiri. Kita harus menuangkan alkohol ke gelas orang lain. Kedua, dalam menuangkan alkohol harus menggunakan satu tangan bagian kanan sedangkan tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan. Hal ini menunjukkan kesopanan dan rasa hormat kepada orang lain.

soju-1

Kemudian, dalam menerima alkohol si penerima wajib memegang gelas dengan kedua tangan dengan kepala menunduk sekitar 20°. Hal ini menunjukkan bahwa si penerima alkohol menerima hormat dari si penuang. Selanjutnya, si penerima berganti menuangkan alkohol ke gelas penuang sebelumnya.

Dalam meminum alkohol, gelas alkohol pertama harus langsung diminum sekaligus sedangkan untuk gelas-gelas selanjutnya diperbolehkan minum alkohol secara perlahan-lahan (sedikit-sedikit).

Selain minum alkohol, biasanya soju juga didampingi oleh makanan pendamping. Tujuan adanya makanan pendamping ini agar pada saat minum alkohol perut tidak dalam keadaan kosong. Makanan pendamping dapat berupa daging sapi, daging babi, usus sapi/babi, dsb.

Apakah boleh menuangkan alkohol ke dalam gelas sendiri?

Tidak jika Anda meminum alkohol bersama teman-teman atau rekan kerja. Hal ini disebabkan jika seseorang menuangkan soju ke dalam gelasnya sendiri maka ia akan dianggap sedang depresi atau mengalami masalah serta tidak ingin diganggu. Hal ini dapat menyebabkan suasana menjadi tidak nyaman. Selain itu, dia akan dianggap tidak sopan karena tidak menghormati orang lain.

Referensi

Gardiner, Ross. 2015. How to Drink Soju Like the Koreans. Dikutip dari obsev.com [Online] http://www.obsev.com/food/how-to-drink-soju-like-the-koreans.html pada 16 Oktober, 2016.

Han, Joonhye. 2004. Korean Soju. Dikutip dari american.edu [Online] http://www1.american.edu/ted/soju.htm pada 15 Oktober, 2016.

Seolistic. 2015. Drinking Culture in South Korea and Why it’s Important. Dikutip dari Seolistic.com [Online] http://seolistic.com/korean-culture/drinking-culture-in-south-korea-and-why-its-important/ pada 16 Oktober, 2016.

Smith, Krista. 2011. The Soju Drinking Guide. Dikutip dari Art of Adventuring [Online] http://artofadventuring.com/the-soju-drinking-guide/ pada 16 Oktober, 2016.

Rowan, Bernard. 2014. Korea’s drinking culture. Dikutip dari koreatimes.co.kr [Online] http://m.koreatimes.co.kr/phone/news/view.jsp?req_newsidx=157100 pada 15 Oktober, 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s