Budaya · FYI

Kebudayaan Minum Kopi di Turki

kopi-turki-1

Salah satu negara yang memiliki tradisi minum kopi yang sangat mendunia adalah Turki. Tradisi berkumpul dan berbincang-bincang sembari meminum kopi telah terjadi di Turki sejak abad ke-15. Hal ini diawali pada tahun 1543 ketika kopi mulai masuk ke Istanbul pada masa kesultananan Sultan Suleiman. Gubernur Ottoman Yaman Ozdemir Pasha memperkenalkan cara meminum kopi pada keluarga kerajaan. Kemudian, kopi menjadi bagian dalam perjamuan di Istana tidak lama setelah diperkenalkan. Lalu, kopi mulai menyebar di daerah sekitar Istana Istanbul dan mulai dinikmati oleh warga sekitar, baik pejabat pemerintahan, tentara, filsuf hingga warga biasa. Popularitas kopi mulai menyebar hingga ke Eropa. Dibawah kekuasaan Ottoman, kedai kopi pertama di Eropa didirikan pada tahun 1652 di London. Kemudian, pada tahun 1672 kedai kopi mulai ada di Prancis. Kemudian pada awal abad ke-18 kopi mulai diperkenalkan di Netherlands. Citra kedai kopi yang didirikan di negara- negara tersebut tercermin dalam dekorasi yang identik dengan Turki, yaitu, banyak kaca, chandeliers dan sajian buah-buahan. Dengan penyebaran kopi di Eropa secara tidak langsung turut menyebarkan kebudayaan Turki.

Cara minum kopi di Turki

Umumnya, kopi di Turki disajikan dengan permen Turki. Permen Turki yang manis dapat menutupi rasa pahit kopi yang diminum. Orang- orang yang meminum kopi di kedai kopi selain meminum kopi, mereka juga berbincang-bincang mengenai politik, puisi dan sastra, dsb.

kedai-kopi

Kopi dibuat dengan cara mendidihkan air dengan bubuk kopi dengan atau tanpa gula di dalam pot (teko). Kemudian, kopi disajikan berupa kopi hitam pekat di dalam cangkir kecil. Pembuatan dan penyajian kopi dengan metode ini sudah berlangsung sejak kekuasaan Ottoman. Dalam meminum kopi, tidak boleh dihabiskan dalam sekali teguk. Orang-orang Turki meminum kopi satu teguk kemudian berbincang-bincang demikian seterusnya.

kopi-turki-2

Pengaruh kopi dalam kebudayaan Turki

kedai-kopi-abad-16

Kopi bukan hanya sekedar minuman yang disukai di Turki. Kopi memberikan dampak yang lebih luas terhadap kebudayaan sosial di Turki. Kebiasaan meminum kopi di Turki mempengaruhi sosialisasi hingga budaya di Turki. Dengan adanya kebiasaan meminum kopi, orang-orang Turki dapat saling bersosialisasi serta lama-kelamaan kebiasaan meminum kopi telah menjadi budaya di Turki.

Referensi

Abraham, Rudolf. 2014. Coffee culture. Travel Article Edisi Maret hal. 41-42.

Brones, Anna. 2014. Coffee Around the World: How Turkish People Drink Coffee. Dikutip dari Kitchn [Online] http://www.thekitchn.com/coffe-around-the-world-whats-the-deal-with-turkish-coffee-205966 pada 28 Oktober, 2016.

Georgeta, C & Barna, A. 2013. The term of Turkish coffee- a semasiological approach. Journal of Agroalimetary Processes and Technologies. Vol. 19 (2). Hal.271-275.

Karababa, E & Ger, G. 2010. Early Modern Ottoman Coffehouse Culture and the Formation of the Consumer Subject. Journal of Consumer Research. Hal. 1-41. University of Exeter, Turkey.

Wulandari, I & Hapsari, E. 2012. Tradisi Minum Kopi, Berawal dari Dunia Islam Hingga Mendunia (2). Dikutip dari republika.co.id [Online] http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/08/27/m9e0ra-tradisi-minum-kopi-berawal-dari-dunia-islam-hingga-mendunia-2 pada 27 Oktober, 2016.

Advertisements

One thought on “Kebudayaan Minum Kopi di Turki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s