FAQs

Kenapa kalau buah dipotong setelah beberapa waktu berubah warna menjadi coklat?

Hal ini disebabkan oleh oksidasi senyawa fenol sehingga menghasilkan senyawa melanin (pemberi warna coklat).

Berikut adalah reaksi oksidasi senyawa fenol:

oksidasi fenol

Kenapa saat kita memotong bawang bombay atau bawang merah mata kita menjadi perih?

Hal ini disebabkan karena saat kita memotong bawang asam amino sulfoksida bereaksi dengan enzim sintase sehingga menghasilkan gas propanetiol-S-oksida yang jika berinteraksi dengan mata akan menghasilkan asam sulfur yang membuat mata kita perih.

Kenapa jika bawang putih yang telah dihancurkan atau dipotong dalam waktu tertentu bisa berubah warna menjadi biru-hijau?

Karena, pada saat bawang putih dihancurkan maka akan dihasilkan enzim alinase. Enzim alinase sangat mudah menyerap atau mengikat sulfur. Enzim alinase bereaksi dengan sulfur akan menghasilkan senyawa berwarna biru-hijau.

Kenapa pada saat kita mengonsumsi asparagus, urin kita menjadi berbau tidak sedap (busuk)?

Pada asparagus terdapat asparagustic acid, saat kita mengonsumsi asparagus maka asparagustic acid akan termetabolisme di dalam tubuh dan berubah menjadi senyawa methanethiol, dimetil sulfida, dimetil sulfoksida, dan dimethyl sulfone. keempat senyawa tersebutlah yang bertanggung jawab atas bau tidak sedap di urin jika mengonsumsi asparagus.

Berikut adalah reaksi yang terjadi:

asparagus


Apakah mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) untuk memperoleh izin P-IRT berbayar? Lalu, sertifikat PKP berlaku berapa lama?

Tidak, PKP diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) wilayah setempat gratis. Namun, waktu dan tempat mengikuti kebijakan Dinkes tersebut.

Sertifikat PKP yang telah diperoleh berlaku seumur hidup, tidak ada batas waktu.

Advertisements